SELAMAT DATANG DI MY BLOG

Mungkin Kebanyakan orang bilang kalau kimia itu sulit tetapi dengan blog ini mudah-mudahan bloG ini bisa membantu anda dalam mempeljari kimia. thanks

Selasa, 21 Juli 2009

Cara mudah menghafal tabel periode kimia

PENGANTAR DAN SENYAWA UNSUR

Tabel periodik ini dibuat untuk menentukan sifat-sifat unsur yang ada di alam ini. Pada masing-masing unsur meliputi: lambang unsur, nomor atom, massa atom atau isotop yang paling stabil, serta golongan dan nomor periode dalam tabel periodik.
Ditemukan oleh: Dmitri Mendeleev ( bahasa Rusia: Dmitriy Ivanovich Mendeleyev) (1834-1907) ialah seorang ahli kimia dari Kekaisaaran Rusia yang menciptakan tabel periodik berdasarkan peningkatan bilangan atom. Bilangan ini menunjukkan jumlah proton yang terdapat dalam inti atom. Jumlah proton sama dengan jumlah elektron yang mengelilingi atom bebas.

Ia menemukannya sewaktu menyiapkan sebuah buku pelajaran untuk mahasiswanya . Ia menemukan bahwa jika ia menata unsur-unsur menurut kenaikan massa atom, unsur dengan sifat yang mirip akan muncul dengan selang yang berskala. Ia berhasil menyajikan hasil kerjanya pada Himpunan Kimia Rusia di awal 1869.

UNSUR
Definisi : Unsur adalah zat murni tunggal yang membentuk menyusun suatu materi… Di alam terdapat ratusan unsur yang telah ditemukan oleh para ilmuan yang terbagi dan tertata rapih dalam susunan tabel sistem periodik unsur Pada table periodik, Kalo arahnya vertical tu menunjukan suatu golongan dan Kalo arahnya horizontal itu menunjukan suatu periode Demi pemahaman lebih lanjut smua unsur dalam table periodic harus smuanya hafal!! Tapi yang paling penting untuk aplikasi kedepan... harus hafal dulu aja unsur-unsur golongan utama, yaitu golongan IA - VIIIA …
Ni gw kasih kunci2nya tuk gampang n mudah menghafal, dengan membikin kalimat yang fan

IA : disebut juga golongan alkali.
H Li Na K Rb Cs Fr (hah…lina kaget, Robi Cs frustasi)

IIA : disebut juga golongan alkali tanah
Be Mg Ca SR Ba Ra (beuh….minggu ni cakka siaran bareng radio)

IIIA : disebut juga golongan boron
B Al Ga In Tl (bagas al irshadi ganteng In Tlek …) .. maksa banget!

IV A: disebut juga golongan karbon
C Si Ge Sn Pb (cewe sini genit sneng playboy)

VA : disebut golongan Nitrogen N P As Sb Bi (neng popi asik sambung bibir) hahahha….

VIA : disebut juga golongan oksigen
O S Se Te Po (orang sinting selalu tembak polisi)

VII A : di sebut juga golongan Halogen
F Cl Br I At (fei calon brilian Intan At) .. kiriman kak Vei

VIIIA : di sebut juga golongan gas mulia
He Ne Ar Kr Xe Rn ( heboh negeri amerika karena serangan ranjau) Hahaha..

cukup gampang kan ngapalinnya?

18 komentar:

  1. haha,,,
    keren2!!

    BalasHapus
  2. ka bkin na yg lengkp donk jgn yg A na doang...
    hehehheheh.........

    BalasHapus
  3. Bagi dong cara menghapal yg golongan B...

    BalasHapus
  4. yg golongan A uda pd tauuu .. yg gol B doonkkk !

    BalasHapus
  5. wao,,,
    keren thanks ye,,,q jd smngt pljrix,,,

    BalasHapus
  6. hebat....!!!
    thank's ya....!!!
    Q jdi mudah cara menghafalnya..

    BalasHapus
  7. Numpang COPY gan.....

    BalasHapus
  8. Sangat membantu :) Thanks alot

    BalasHapus
  9. asyik juga lo punya hafalan...tapi tambah golongan transisi ya...

    BalasHapus
  10. Mantaf thanks gan

    BalasHapus
  11. hehehe,,,, Aku coba dech.!^_^

    BalasHapus
  12. thnk"s yah

    jadi mudah deh hafal nya

    BalasHapus
  13. wahh, keren..
    hebat, kalau golongan transisi gimana cra gampangnya?

    BalasHapus
  14. klo yg logam metaloid?

    BalasHapus
  15. KEREN bgt sob!
    Hahhaha trus kocak lgi. jadi ketawa gaje waktu ulgn pas nulis jawaban ini XD

    BalasHapus
  16. nama unsur na sih udah hafal , yg mau di hafal in tu nomor atom na , , ,
    g'mn cra mudah mnghafal no atom ? ? ?

    BalasHapus
  17. cara menghafal per periode... klau yg per golongan uda pada tau...

    BalasHapus